Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemain Timnas U 23 AFF 2022, Garuda Muda Siap Bentangkan Sayap Lagi!

Minggu, 09 Januari 2022 | 13:23 WIB Last Updated 2022-03-03T07:57:49Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Timnas Indonesia AFF2020 | Foto Instagram "@affsuzukicup"

Populer24 - Pagelaran piala AFF 2022 tak berlangsung lama sejak AFF 2020 kemarin. Oleh karena itu, pelatih Indonesia, Shin Tae Yong sudah mempersiapkan siapa saja pemain timnas U 23 AFF 2022 yang akan berlaga pada Februari mendatang.

Hal tersebut seperti diungkapkan oleh Ketua Umum PSSI, Muchammad Iriawan atau yang akrab disapa Irwan Bule saat menyambut kedatangan Timnas Indonesia di Jakarta pada Minggu, 2/1. “Kalau untuk daftar pemain, Shin Tae Yong sudah saya tanya, dia bilang sudah ada untuk Timnas U-23. Tapi belum siap saja, tapi sudah keluar beberapa nama ya,” ujarnya.

Daftar Pemain Timnas U 23 AFF 2022

Pada piala AFF 2022 yang akan berlangsung di Kamboja pada 14 – 26 Februari mendatang, Shin Tae Yong berencana membawa kembali pemain muda yang sebelumnya telah berlaga di AFF 2020. Pelatih Timnas Indonesia ini yakin bahwa pengalaman yang telah dimiliki para pemain muda tersebut mampu membawa Indonesia untuk mengincar gelar juara.

Diperkirakan banyak alumni Piala AFF 2020 yang akan dibawa kembali sebagai pemain timnas U 23 AFF 2022. Setidaknya ada beberapa nama yang telah masuk dalam daftar, yaitu Ramai Rumakiek, Fernando Ari, Pratama Arhan, Rizki Ridho, Alfeandra Dewangga, M. Riyandi, Hanis Saghara, Rachmat Irianto.

Nama lain yang juga masuk dalam daftar adalah Egy Maulana Vikri, Elkan Baggot, Witan Sulaeman, dan Asnawi Mangkualam. Namun, menurut Shin Tae Yong nama tersebut masih diragukan, sebab mereka masih melaksanakan kiprahnya di klub luar negeri.

“Saya akan membawa skuad saat ini, namun pemain seperti Egy, Witan, Elkan, dan Asnawi yang sedang merumput di luar negeri mungkin tidak bisa ikut pada AFF U 23. Sisanya, akan dibawa untuk membangun tim yang kuat ke depannya,” ujar pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan ini.
Saat AFF 2020 kemarin, para pemain muda Indonesia telah menunjukkan penampilan yang memukau dan mengakhiri pertandingan dengan skor 2-2 atas Thailand pada final liga kedua. Menurut Shin Tae Yong, inilah yang menjadikan pemain muda alumni AFF 2020 kemarin memiliki kesempatan yang bagus dalam AFF 2022 mendatang.

Irwan Bule juga meminta agar Shin Tae Yong segera mempersiapkan pemain timnas U 23 AFF 2022 tersebut. Hal ini mengingat turnamen AFF 2022 akan berlangsung kurang dari dua bulan sejak AFF 2020 ini. “Ini berkaitan dengan Timnas U-23 karena waktunya mendesak. Jadi, Shin Tae Yong harus mempersiapkan para pemain yang dipanggil,” tutur Irwan.

Penampilan memukau garuda muda pada gelaran AFF 2020 kemarin juga menarik minat banyak pihak, termasuk sejumlah pengamat sepak bola Asia Tenggara. Bahkan, pakar sepak bola Vietnam, Vu Manh Hai memuji performa Timnas Indonesia tersebut.

Hal ini menyangkut Timnas U-23 yang dinilai akan menjadi ancaman bagi Vietnam saat SEA Games 2021 yang akan berlangsung Mei 2022 mendatang. Namun, hal tersebut tampaknya juga berlaku pada gelaran Piala AFF 2022 dimana Timnas akan memiliki komposisi pemain yang tidak jauh berbeda dari sebelumnya.

Di turnamen AFF 2022 mendatang, Indonesia akan bersaing dengan negara-negara lain yang ada di kawasan Asia Tenggara. Garuda muda yang tergabung dalam grup B akan bersaing dengan negara Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Sementara itu, dari grup A ada negara tuan rumah yaitu Kamboja, Timor Leste, Filipina, dan Brunei Darussalam. Sedangkan tim C hanya dihuni tiga tim, yaitu Thailand, Vietnam, dan Singapura. Tim inilah yang akan bertanding pada gelaran AFF 2022 mendatang.