Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

10 Rekomendasi Menu Masakan Sehari-hari Agar Tidak Bosan

Kamis, 20 Januari 2022 | 16:44 WIB Last Updated 2022-03-03T07:37:46Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Menu Masakan Sehari-hari Agar Tidak Bosan
Masakan Sehari-hari Agar Tidak Bosan | Populer24.com

Populer24 - Ketahui beberapa rekomendasi menu masakan sehari-hari agar tidak bosan. Beberapa orang mungkin bingung saat ingin menyiapkan sajian makanan atau masakan sehari-hari, hal itu mungkin disebabkan kurangnya informasi resep makanan.

Perlu kamu ketahui bahwa hanya dengan beberapa bahan saja, sajian masakan yang rasanya lezat bisa tersaji. Menariknya lagi, beberapa bahan yang sering ditemui atau mudah didapat juga bisa dikreasikan menjadi makanan yang lezat dan bergizi.

Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa resep makanan di bawah ini. Beberapa makanan tersebut dibuat dengan bahan yang mudah dijumpai, selain itu cara membuatnya juga sangat mudah.

Menu masakan sehari-hari agar tidak bosan


1. Menu masakan sehari hari: Ayam Kecap


Menu masakan sehari hari: Ayam Kecap
Ayam Kecap | Foto: Instagram @lilyminarosa

Rekomendasi menu masakan sehari-hari agar tidak bosan yang pertama adalah masakan ayam kecap. Masakan ayam kecap bisa menjadi opsi masakan bagi orang-orang yang ingin masak makanan yang lezat namun simpel cara buatnya. Masakan ini juga bisa jadi opsi lain agar menu ayam tidak hanya dibuat ayam goreng. Masakan ayam kecap khas dengan rasa manis, juga cocok digunakan sebagai menu makanan di siang hari atau malam hari, serta sangat cocok dimakan bersama nasi putih.

Cara membuat masakan ayam kecap juga sangat mudah. Selain itu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk masak menu ayam kecap juga mudah ditemukan.

Resep membuat masakan Ayam kecap

1. daging ayam bisa bagian dada ayam maupun sayap ayam (1/2 kg), 
2. kecap, 
3. daun bawang (3 buah), 
4. bawang putih (4-6 siung) dan merah (3-5 siung), 
5. mentega (secukupnya), 
6. saos tiram (sesuai selera), 
7. minyak, 
8. garam secukupnya, 
9. lada hitam secukupnya, 
10. gula secukupnya, 
11. tomat (2 buah), 
12. cabai (sesuai selera) 
13. air.

Langkah-langkah untuk membuat Ayam kecap

1. Pertama tumis bawang putih dan merah yang sudah dihaluskan, tambahkan jahe bila perlu.

2. Kedua tambahkan bahan penyedap seperti garam secukupnya, gula secukupnya, mentega secukupnya, lada hitam secukupnya, saos tiram secukupnya, kecap dan air satu gelar.

3. Selanjutnya, masukan potongan daging ayam, tambahkan juga cabai cincang jika ingin mendapatkan rasa lebih pedas, aduk-aduk agar bumbu melumuri daging ayam, jangan lupa masukan juga daun bawang agar aroma sedap, 

4. lalu biarkan ayam masak hingga bumbu meresap. 

5. Apabila bumbu kecap dirasa telah meresap ke daging ayam, segera angkat daging ayam tersebut dan sajikan di piring yang lebar, kemudian tuangkan bumbu kecapnya juga. 

Menu masakan ayam kecap ini sangat cocok apabila dikonsumsi selagi masih hangat.

2. Menu masakan sehari hari: Telur dadar geprek


Menu masakan sehari hari Telur dadar geprek
Telur dadar geprek | Foto: Instagram @yummy.idn

Menu masakan telur dadar geprek bisa menjadi salah satu menu masakan sehari-hari agar tidak bosan yang bisa kamu coba buat sebagai makanan sehari-hari. Masakan telur dadar memang sangat umum, di Indonesia menu masakan telur dadar juga dapat ditemui di sebagian besar warung makanan. Menu ini bisa juga dibuat dengan mudah di rumah, terlebih lagi untuk mereka yang tidak ingin ribet dalam membuat makanan, karena menu masakan telur dadar termasuk salah satu menu masakan yang sangat mudah untuk dibuat. Perlu kamu tahu bahwa menu masakan telur dadar bisa divariasikan menjadi telur dadar geprek, cara buat telur dadar geprek juga sangat mudah.

Menu masakan telur dadar geprek dapat kamu coba jika ingin makan telur namun bosan makan telur dadar, menu masakan telur dadar geprek rasanya sangat renyah dan lezat, cocok juga dikonsumsi dengan nasi putih. Untuk membuat masakan telur dadar geprek juga sangat mudah, 

Resep masakan Telur dadar geprek

1. Telur 1-2 butir
2. Tepung (1 bungkus)
3. Garam secukupnya
4. Penyedap rasa (sesuai selera)
5. Lada jika perlu (sesuai selera)
6. Cabai merah (9-10 buah)
7. Bawang putih (1-2 siung)
8. Terasi secukupnya.

Cara membuat masakan Telur dadar geprek

1. Pertama pecahkan telur dan buatlah telur dadar seperti pada umumnya, setelah telur dadar jadi, potong menjadi beberapa bagian sesuka hati. 

2. Kemudian siapkan tepung, bagi menjadi dua bagian ada tepung basah dan tepung kering.

3. Selanjutnya, masukan telur dadar ke tepung basah lalu ke tepung kering kemudian goreng, lakukan cara tersebut ke beberapa potongan telur dadar yang telah kamu buat tadi. 

4. Jika sudah siap dan selesai digoreng, siapkan sambal geprek, haluskan cabai merah, terasi, dan bawang putih. 

5. Setelah sambal selesai, oleskan sambal ke telur dadar yang sudah digoreng bersama tepung tadi, sembari di geprek-geprek.

3. Menu masakan sehari hari: Tahu asam manis


Menu masakan sehari hari: Tahu asam manis
Tahu asam manis |Foto: Youtube "Nuraaini Soewarto"

Yang ketiga menu masakan sehari-hari agar tidak bosan, yaitu Tahu asam manis. Tahu juga bisa dimanfaatkan untuk menu masakan yang lezat untuk makanan sehari-hari. Seperti telur dadar, tahu juga termasuk menu makanan yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Pada umumnya, tahu diolah menjadi tahu goreng. 

Tahu bisa dijadikan solusi untuk kamu yang ingin membuat masakan simpel, karena hanya dengan digoreng saja, tahu sudah bisa dinikmati dan rasanya lezat. Namun sebenarnya, kamu tidak hanya bisa membuat tahu goreng saja dari bahan tahu, tahu bisa dimanfaatkan menjadi beberapa menu masakan lain, salah satunya tahu asam manis. Tentunya tahu asam manis bisa dimanfaatkan sebagai menu masakan sehari-hari karena cara buatnya juga cukup mudah.

Ketahui bahwa tahu bisa kamu oleh menjadi menu masakan tahu asam manis, untuk membuat tahu asam manis juga tidak memerlukan bahan-bahan yang susah ditemukan. 

Resep Tahu ayam manis

1. Tahu putih (1-2 buah tahu putih), 
2. Cabai merah (5-6 buah)
3. Tomat (1-2 buah)
4. Saos tomat
5. Kecap
6. Jeruk nipis (1 buah)
7. Bawang putih (2-3 siung)
8. Minyak
9. Air
10. Garam secukupnya
11. Gula secukupnya
12. Merica jika diperlukan

Setelah menyiapkan beberapa bahan di atas.

Cara membuat Tahu asam manis

1. Pertama, siapkan tahu putih dan potong menjadi kecil-kecil, pastikan juga tahu tersebut sudah bersih.

2. Kemudian siapkan bumbu asam manis, tumis bawang putih cincang, cabai merah cincang, saos tomat, kecap, dan irisan tomat, tumis beberapa bahan tersebut hingga beberapa saat.

3, Selanjutnya, masukan air secukupnya ke bumbu yang sudah ditumis tersebut, lalu masukan tahu yang sudah dipotong kecil-kecil tadi. 

4. Aduk-aduk sampai bumbu dan tahu tercampur, jangan lupa sembari masukan beberapa penyedap rasa seperti garam, gula, hingga merica. 

5. Setelah bumbu meresap, sajikan dan tambahkan perasan air jeruk nipis agar semakin lezat.

4. Menu masakan sehari hari: Sambal goreng kentang


Menu masakan sehari hari Sambal goreng kentang
Sambal goreng kentang | Foto: Youtube "Uli's Kitchen"

Resep berikutnya menu masakan sehari-hari agar tidak bosan, adalah Sambal goreng kentang. Apakah kamu ingin mengolah kentang sebagai menu masakan harian? Masakan sambal goreng kentang bisa kamu coba. Sambal goreng kentang merupakan menu masakan yang rasanya lezat dengan bahan utama kentang, cara membuat sambal goreng kentang juga cukup mudah. Selain itu untuk mendapatkan kentang juga sangat mudah, tentunya di Indonesia. Sambal goreng kentang sangat cocok dimakan bersamaan dengan nasi putih, sambal goreng kentang juga bisa divariasikan dengan rasa super pedas apabila kamu suka mengonsumsi makanan dengan rasa pedas.

Lantas, bagaimana cara membuat sambal goreng kentang? Perlu kamu ketahui bahwa cara membuat sambal goreng kentang cukup mudah, namun sebelum itu pastikan kamu telah menyiapkan beberapa bahan untuk membuatnya. 

Resep masakan Sambal goreng kentang adalah

1. sambal goreng kentang adalah kentang (3-4 buah), 
2. Cabai merah (4-7 buah), 
3. Bawang putih (3-4 siung), 
4. Bawang merah (2 siung), 
5. Kemiri secukupnya, 
6. Daun salam (2 buah), 
7. Lengkuas secukupnya, 
8. Daun jeruk (2 buah), 
9. Garam secukupnya, 
10. Penyedap rasa secukupnya, 
11. Air 
12. Gula secukupnya.

Cara membuat masakan Sambal Goreng Kentang

Pertama, siapkan kentang yang telah dicuci bersih, jumlah kentang yang ingin kamu pakai sesuka hati namun sesuaikan dengan banyak bumbunya, potong kentang menjadi bagian kecil-kecil. 

2. Kedua, siapkan bumbu sambal goreng, tumis cabai merah halus, bawang putih halus, dan bawang merah halus, kemiri halus dalam wajan yang telah diisi minyak sedikit. 

3. Ketiga, tambahkan kaldu ayam bubuk, penyedap rasa, garam, dan gula pada bumbu tumisan tadi, tambahkan juga air sedikit. Setelah semua bahan bumbu ditumis bersamaan, masukkan kentang yang telah dipotong menjadi bagian kecil-kecil tadi. Aduk kentang dan bumbu sambal goreng hingga merata dan meresap, masukkan juga daun jeruk, lengkuas, dan daun salam sebagai bahan tambahan, setelah siap maka sajikan di piring.

5. Menu Masakan Sehari-hari: Sayur sop bening


Menu Masakan Sehari-hari: Sayur sop bening
Sayur sop bening | Foto Youtube "Ika Mardatillah"

Menu masakan sehari-hari agar tidak bosan berikutnya, Sayur sop bening. Masakan ini bisa menjadi salah satu menu masakan sehat harian yang bisa kamu coba buat. Cocok untuk kamu yang sedang diet atau melakukan pola hidup sehat teratur, dengan mengonsumsi sayur sop bening, kebutuhan vitamin dari sayur akan terpenuhi. Selain itu cara membuat atau memasak sayur sop bening juga sangat mudah, bahan-bahan yang diperlukan juga mudah ditemukan. Sayur sop bening juga cocok disantap bersama dengan nasi putih.

Sama seperti namanya, bahan utama untuk membuat sayur sop bening adalah sayur. Akan tetapi ada juga beberapa bahan lain yang dibutuhkan. 

Bahan-bahan untuk membuat masakan Sayur sop bening

1. Bawang putih (2-3 siung)
2. Bawang merah (1-2 siung)
3. Kaldu bubuk (1 bungkus, bisa ditambahkan secukupnya)
4. Merica bubuk secukupnya
5. Garam secukupnya
6. Seledri
7. Wortel
8. Kubis
9. Kembang kol
10. Brokoli
11. Kentang
12. Buncis
13. Bayam
14. Air

Perlu diketahui bahwa penggunaan sayur sesuka hati ya, jadi tidak ada patokan, kamu bisa memasukkan sayur apapun sesuka hatimu

Cara membuat masakan Sayur sop bening

1. Pertama, cincang bawang putih dan bawang merah sampai halus kemudian tumis hingga baunya harum. 

2. Kedua, panaskan air yang telah kamu siapkan tapi, jika setengah matang masukkan tumisan bawang putih dan bawang merah tadi, dan biarkan sampai air mendidih. 

3. Ketiga, siapkan beberapa sayur yang ingin kamu gunakan sebagai sayur sop bening, cuci beberapa sayuran tersebut hingga bersih, kemudian iris-iris agar menjadi beberapa bagian kecil, 

4. Lalu masukkan ke air yang telah mendidik yang telah dicampur dengan tumisan bawang putih dan bawang merah sebelumnya. 

5. Aduk-aduk hingga sayuran tersebut layu, jangan lupa juga untuk menambahkan penyedap rasa, garam, merica bubuk, dan gula, 

6. Apabila kamu suka pedas bisa ditambahkan irisan cabai. 

7. Setelah dirasa sayuran sudah cukup masak, maka sajikan.

6. Menu Masakan Sehari-hari: Mie goreng mercon


Menu Masakan Sehari-hari Mie goreng mercon
Mie goreng mercon | Foto: Youtube "dapu tanyoe aceh"

Menu masakan sehari-hari agar tidak bosan selanjutnya adalah masakan mie goreng mercon. Mie goreng mercon adalah salah satu variasi sajian mie yang bisa kamu coba buat, menyajikan rasa lezat dan sangat pedas. Jadi jika kamu suka masakan pedas, mie goreng mercon layak kamu coba rasakan. Mie goreng mercon juga mudah untuk dibuat, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat seporsi mie goreng mercon juga sangat mudah ditemukan.

Apakah kamu ingin tau cara membuat masakan mie goreng mercon? Sebelum menjelaskan cara membuatnya, perlu diketahui terlebih dahulu beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat mie goreng mercon. 

Bahan-bahan untuk membuat mie goreng mercon

1. Mie instan (1-2 bungkus)
2. Kecap, saos (bisa saos tomat atau saus cabai)
3. Tomat (2 buah)
4. Bawang goreng secukupnya
5. Cabai merah panjang (2 buah)
6. Cabai rawit (5-10 buah, tergantung selera pedas)
7. Bawang merah (1-2 siung)
8. Bawang putih (2-3 siung)
9. Penyedap rasa secukupnya
10. Garam secukupnya
11. Minyak secukupnya
12. Air
13. Gula secukupnya
14. Telur (1 butir, jika diperlukan)

Setelah mengetahui beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat masakan mie goreng mercon, kamu harus tau juga cara membuatnya, 

Cara membuat Mie goreng mercon

1. Pertama, siapkan mie instan, pisahkan bumbunya, rebus mie instan hingga masak, kemudian tiriskan jika sudah masak. 

2. Kedua, siapkan bumbu merconnya, haluskan cabai merah panjang, cabai rawit, bawang merah, bawang putih kemudian tumis dengan sedikit minyak, masukkan juga bumbu mie instan sebelumnya.

3. Tambahkan saos dan kecap (jika diperlukan, sesuai selera)

4. Tambahkan penyedap rasa, sedikit garam, dan gula secukupnya, aduk-aduk bumbu tersebut hingga tercampur merata, kamu juga bisa menambahkan telur (jika diperlukan, sesuai selera). 

5. Apabila bumbu mercon sudah masak, masukkan mie instan yang sudah direbus tadi, aduk-aduk mie dan bumbu mercon hingga merata kemudian sajikan.

7. Menu Masakan Sehari-hari: Tempe pedas manis


Menu Masakan Sehari-hari Tempe pedas manis
 Tempe pedas manis | Foto Youtube "DAPUR A2"

Resep menu masakan sehari-hari agar tidak bosan, selanjutnya Tempe Pedas Manis. Tempe merupakan makanan khas asal Indonesia, tempe dapat diolah menjadi beberapa masakan, salah satunya masakan tempe pedas manis. Pada umumnya, tempe hanya diolah menjadi tempe goreng, dengan alasan simpel dan mudah dilakukan, namun jika kamu mau repot sedikit saja maka tempe bisa jadi masakan yang rasanya lebih enak daripada tempe goreng. Tempe pedas manis santap cocok dikonsumsi bersama nasi putih, dan tempe pedas manis bisa dijadikan opsi lauk harian yang rasanya lezat. Ingin tau cara membuat tempe pedas manis?

Cara membuat tempe pedas manis cukup mudah. Sebelum menjelaskan cara membuat tempe pedas manis, pastikan telah memenuhi bahan untuk membuat tempe pedas manis. 

Bahan untuk membuat masakan tempe pedas manis

1. Tempe (jumlahnya sesuai selera)
2. Cabai merah panjang (2 buah)
3. Cabai rawit (5-8 buah)
4. Bawang merah (1-2 siung)
5. Bawang putih (3-4 siung)
6. Penyedap rasa secukupnya
7. Kecap
8. Garam secukupnya
9. Gula secukupnya
10. Air
11. Minyak secukupnya

Setelah beberapa bahan untuk membuat masakan tempe pedas manis siap, berikut ini cara membuatnya. 

Cara membuat Tempe pedas manis

1. Pertama, siapkan tempe, cuci bersih, dan kemudian potong tempe menjadi bagian kecil-kecil (banyak tempe yang digunakan sesuai selera kamu ya), kemudian goreng tempe kecil-kecil tersebut hingga matang. 

2. Kedua, siapkan bumbu pedas manis, haluskan cabai merah panjang, cabai rawit, bawang putih, dan bawang merah, apabila sudah halus langsung tumis menggunakan sedikit minyak panas di wajan, tumis hingga aroma bawang terasa. 

3. Selanjutnya, masukan penyedap rasa, garam secukupnya, gula secukupnya, dan kecap secukupnya, aduk-aduk hingga bumbu tersebut tercampur rata. 

4. Setelah bumbu pedas manis siap, masukkan tempe yang sudah digoreng sebelumnya, kemudian aduk-aduk lagi hingga tempe tercampur rata dengan bumbu pedas manis.

5. Jika dirasa telah masak, maka tempe pedas manis siap dihidangkan dan disantap.

8. Menu Masakan Sehari-hari: Tumis bayam pedas manis


Menu Masakan Sehari-hari Tumis bayam pedas manis
Tumis bayam pedas manis | Foto Youtube "Rudy dan Sahabat TV"

Tumis bayam pedas manis juga bisa kamu jadikan opsi masakan harian, tumis bayam pedas manis merupakan sajian sayur dengan rasa lezat. Selain lezat, tumis bayam pedas manis juga sangat bergizi lantaran bayam merupakan sayur yang mempunyai banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Masakan tumis bayam pedas manis juga sangat cocok dimakan bersama nasi putih, tumis bayam pedas manis bisa jadi lauk yang cocok dimasak setiap hari karena memang cara membuatnya cukup mudah.

Selayaknya namanya, masakan tumis bayam pedas manis tentunya memerlukan bayam sebagai bahan dasarnya.

Bahan untuk membuat tumis bayam pedas manis

1. Bayam (1-2 ikat bayam, sesuai selera)
2. Tomat (1 buah)
3. Bawang merah (1-2 siung)
4. Bawang putih (2-3 siung)
5. Kecap secukupnya
6. Penyedap rasa secukupnya
7. Terasi sesuai selera
8. Cabai merah panjang (1 buah)
9. Cabai rawit (4-5 buah)
10. Paprika (jika diperlukan, sesuai selera) 
11. Garam secukupnya
12. Micin secukupnya
13. Air
14. Minyak secukupnya
15. Gula secukupnya

Cara membuat Tempe pedas manis

1. Pertama, siapkan bayam, cuci bayam hingga bersih, potong-potong menjadi bagian kecil jika diperlukan. 

2. Kedua, buat bumbu pedas manisnya, haluskan cabai rawit, cabai merah panjang, terasi, bawang putih, bawang merah, bisa dihaluskan dengan cara diulek, setelah cukup halus langsung tumis bumbu tersebut menggunakan sedikit minyak di wajan yang panas. 

3. Setelah dirasa bumbu sudah masak, masukkan bayam, aduk hingga merata sembari masukkan kecap secukupnya, masukkan juga irisan tomat, 

4. kemudian aduk-aduk lagi hingga bayam layu dan merata dengan bumbu pedas manis, jangan lupa juga masukkan penyedap rasa, sedikit micin, gula secukupnya, dan garam juga secukupnya, aduk lagi hingga masakan siap. 

5. Apabila dirasa sudah siap, maka masakan tumis bayam pedas manis siap disajikan di piring dan siap disantap.

9. Menu Masakan Sehari-hari: Bandeng goreng pedas


Menu Masakan Sehari-hari Bandeng goreng pedas
Bandeng goreng pedas | Foto Youtube "DAPUR PINK"

Menu masakan sehari-hari agar tidak bosan berikutnya adalah Bandeng Goreng pedas. Ikan bandeng kerap dijumpai di Indonesia, banyak pedagang lauk atau kebutuhan masakan sehari-hari menjual ikan bandeng. Tentunya ikan bandeng bisa dijadikan menu masakan yang lezat dan dapat dibuat dengan mudah. Salah satu menu masakan menggunakan ikan bandeng yang lezat dan bisa dibuat dengan mudah adalah bandeng goreng pedas. Masakan bandeng goreng pedas bisa jadi opsi menu masakan sehari-hari kamu, bandeng goreng pedas cocok dimakan bersama dengan nasi putih, pecinta masakan dengan rasa pedas juga cocok untuk mengkonsumsi bandeng goreng pedas.

Untuk membuat masakan bandeng goreng pedas, kamu perlu menyiapkan ikan bandeng segar sebagai bahan utama, namun juga ada beberapa bahan lain yang juga dibutuhkan. 

Bahan untuk membuat masakan Bandeng goreng pedas

1. Ikan bandeng (1-2 ekor)
2. Cabai merah panjang (2-3 buah)
3. Cabai rawit (5-6 buah)
4. Tomat 
5. Bawang merah (2-3 siung)
6. Bawang putih (3-4 siung)
7. Sereh secukupnya
8. Daun bawang (2 buah)
9. Penyedap rasa secukupnya
10. Daun salam (2 buah)
11. Kemiri (1-2 buah)
12. Jahe bubuk secukupnya
13. Kunyit bubuk secukupnya
14. Merica bubuk secukupnya
15. Ketumbar secukupnya
16. Air
17. Minyak secukupnya
18. Gula merah jika diperlukan

Cara membuat Bandeng goreng pedas

1. Pertama, siapkan ikan bandeng, bersihkan seperti cara membersihkan ikan pada umumnya, potong menjadi beberapa bagian, setelah itu goreng ikan bandeng hingga setengah matang. 

2. Kedua, siapkan bumbu pedasnya, haluskan beberapa bahan seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah panjang, gula merah, cabai rawit, kemiri, dan tambahkan kunyit bubuk, merica bubuk, kemudian tumis bumbu tersebut dengan minyak sedikit saja. 

3. Sembari menumis bumbu, masukan juga sedikit air, potongan jahe, sereh, daun bawang dan daun salam, lalu aduk-aduk lagi hingga aroma khas bumbu tercium. 

4. Setelah bumbu siap, campurkan potongan ikan bandeng yang setengah matang tadi, aduk-aduk hingga merata. 

5. Jika dirasa telah masak, siap untuk disajikan.

10. Menu Masakan Sehari-hari: Ayam cincang manis


Menu Masakan Sehari-hari Ayam cincang manis
Ayam cincang manis | Foto: masakapahariini.com

Yang terakhir dari menu masakan sehari-hari agar tidak bosan adalah Ayam Cincang manis. Daging ayam dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam sajian masakan lezat, daging ayam juga sangat mudah didapatkan masyarakat, selain rasanya lezat, daging ayam juga menawarkan gizi di dalamnya. Salah satu sajian masakan ayam yang bisa kamu coba buat adalah ayam cincang manis. Sajian masakan ayam cincang manis dapat kamu buat dengan mudah tentunya, ayam cincang manis bisa menjadi opsi masakan harian yang lezat. Ayam cincang manis bisa dimakan langsung juga bisa dijadikan lauk nasi putih.

Sesuai namanya, bahan pokok yang diperlukan untuk membuat ayam cincang manis adalah daging ayam, akan tetapi ada juga beberapa bahan makanan lain yang dibutuhkan. 

Bahan-bahan untuk membuat masakan Ayam cincang manis

1. Daging ayam (1/2 kg)
2. Bawang putih (2-3 siung)
3. Bawang merah (3-4 siung)
4. Daun bawang (2 buah)
5. Kecap manis secukupnya
6. Cabai (jika diperlukan, sesuai selera)
7. Saus tiram secukupnya
8. Gula secukupnya
9. Jahe bubuk secukupnya
10. Penyedap rasa secukupnya
11. Minyak
12. Garam secukupnya
13. Merica bubuk
14. Kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat masakan Ayam cincang manis

1. Pertama, siapkan daging ayam, cuci hingga bersih, kemudian cincang daging ayam tersebut, bisa juga digiling. 

2. Kedua, siapkan bumbu manisnya, haluskan beberapa bahan seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai jika ingin menambahkan rasa pedas. 

3. Ketiga, tumis bahan yang sudah dihaluskan tadi bersamaan dengan beberapa bahan lain seperti daun bawang, saus tiram, jahe bubuk, merica bubuk, dan kaldu bubuk. 

4. Keempat, masukan daging ayam yang dicincang sebelumnya, aduk-aduk hingga daging ayam cincang menyatu dengan bumbu halus, jangan lupa juga masukkan kecap manis secukupnya, penyedap rasa secukupnya, garam secukupnya, dan gula secukupnya. 

5. Apabila dirasa sudah masak, maka ayam cincang manis sudah siap untuk disajikan di piring.

Itulah beberapa rekomendasi menu masakan sehari-hari agar tidak bosan. Beberapa menu di atas tentunya bisa dibuat atau dimasak dengan mudah, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya juga bisa dengan mudah didapat, selamat mencoba.

Baca juga: 

Oleh: Risco
Editor: Fauzan Nurarifin