Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menjelajah Gua-Gua Terbesar Di Dunia, Indahnya dan Besarnya Bikin Kamu Tercengang

Jumat, 14 Januari 2022 | 11:14 WIB Last Updated 2022-02-08T15:08:48Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Menjelajah Gua-Gua Terbesar Di Dunia, Indahnya dan Besarnya Bikin Kamu Tercengang
Gua Jewel Cave, South Dakota, Amerika Serikat | Photo by Instagram: @margaretriver


Populer24 - Berbicara tentang gua mungkin suatu tempat yang banyak jarang dikunjungi manusia di dunia ini. Namun ada beberapa gua di dunia yang memiliki keindahan yang patut kita coba untuk menjadi sebuah destinasi yang bisa kita kunjungi. Seperti yang kita ketahui bahwa gua adalah sebuah lubang yang ada di Bumi yang terbentuk secara alami di tanah dimana memiliki ukuran yang besar didalamnya. Bahkan seorang ilmuwan mengungkapkan bahwa gua sebenarnya memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga terkadang membuat cahaya sinar matahari dari luar pun tidak bisa menembus ke beberapa lubang bagian dalam gua.

Pada dasarnya ukuran sebuah gua yang ada di dunia memiliki ukuran yang besar dan bisa dijelajahi manusia yang masuk ke dalamnya. Bahkan tercatat ada beberapa gua di dunia yang memiliki ukuran yang sangat besar hingga diperkirakan dapat menampung gedung pencakar langit didalamnya. 

Ini dia 7 gua yang memiliki ukuran paling besar yang ada di dunia yang bikin kamu tercengang. Mari kita simak pembahasannya berikut ini.


Gua Sistema Dos Ojos Di Meksiko


Menjelajah Gua-Gua Terbesar Di Dunia, Indahnya dan Besarnya Bikin Kamu Tercengang
Gua Sistema Dos Ojos | Photo by Instagram: @latonya_the_explorer

Gua pertama yang memiliki ukuran besar di dunia dibandingkan dengan gua-gua lainnya yang ada di dunia yaitu Gua Sistema Dos Ojos. Gua yang terletak di Tulum, Quintana Roo, Meksiko ini pertama kali ditemukan pada tahun 1987. Keindahan yang dimiliki dalam gua ternyata banyak menarik minat para penjelajah dunia. Diketahui luas gua ini terbentang lebih dari 200 mill atau setara dengan 322 km dan terhubung ke gua bawah laut Sistema Sac Actun.

Berdasarkan largest.org, Gua Sistema Dos Ojos Meksiko dianggap sebagai warisan arkeologi dunia. Bahkan para arkeolog telah menemukan beberapa penemuan tentang sejumlah budaya yang dimiliki gua ini. Para arkeolog dunia pun menemukan sebuah fakta yang mengejutkan bahwa Gua Sistema Dos Ojos Meksiko ini, ternyata salah satu gua bawah air yang memiliki ukuran terbesar di dunia.

Gua Shuang He Dong Cave Network di China


Menjelajah Gua-Gua Terbesar Di Dunia, Indahnya dan Besarnya Bikin Kamu Tercengang
Gua Shuang He Dong Cave Network | Photo by brilio.net

Gua di Cina juga termasuk kedalam gua yang memiliki ukuran besar di dunia. Gua terpanjang di Cina ini berokasi tepatnya di Guizhou dan jaringan guanya pertama kali ditemukan pada tahun 1987. Gua ini memiliki luas yang terbentang lebih dari 150 mill atau setara dengan 241 km.

Berdasarkan largest.org, Gua Shuanghedong Cave Network ini merupakan salah satu gua yang memiliki ekosistem bawa tanah yang baik. Di Dalam gua ini terdapat tiga sungai yang terletak di tingkat bawah gua dan beberapa air terjun yang mengalir di dalam gua tersebut. Di Dalam air gua ini pun terdapat beberapa spesies makhluk hidup seperti ikan dan salamander. Diketahui selebihnya telah dilakukan berbagai ekspedisi yang telah dilakukan dengan tujuan untuk melakukan pemetaan wilayah-wilayah dari dalam gua sejak ditemukannya pertama kali pada akhir tahun 1980-an.

Gua Han Son Doong di Vietnam


Menjelajah Gua-Gua Terbesar Di Dunia, Indahnya dan Besarnya Bikin Kamu Tercengang
Gua Han Son Doong Vietnam | Photo by Instagram: @dredaynlbs

Gua Han Son Doong di Vietnam pertama kali ditemukan di tahun 1991 oleh seorang lelaki bernama Ho Khanh yang tinggal di hutan yang dekat dengan gua tersebut. Diperkirakan Gua Han Son Dong memiliki ukuran yang sangat besar bahkan saking besarnya gua ini dapat menampung gedung pencakar langit 40 lantai. Para pengunjung yang pernah mengunjungi gua ini harus turun sebanyak 260 kaki atau sekitar 80 meter dan inipun baru memasuki batas guanya saja.

Pada tahun 2009 Asosiasi Riset Gua dari Inggris melakukan ekspedisi pertamanya ke gua ini. Hasil ekspedisi tersebut menemukan fakta bahwa usia Gua Han Son Dong ternyata sekitar tiga juta tahun yang lalu. Bagi anda yang ingin menjelajah dan berkunjung ke gua ini, anda dapat menghubungi Oxalis Adventures yang merupakan satu-satunya perusahaan yang menyediakan tour menjelajah dalam Gua Han Son Doong.

Gua Jewel Cave, South Dakota di Amerika Serikat


Menjelajah Gua-Gua Terbesar Di Dunia, Indahnya dan Besarnya Bikin Kamu Tercengang
Gua Jewel Cave, South Dakota, Amerika Serikat | Photo by Instagram: @margaretriver

Gua selanjutnya yang memiliki ukuran besar di dunia yaitu Gua Jewel Cave, South Dakota di Amerika Serikat. Keindahan yang disajikan dalam gua yang terletak di Hutan Nasional Black Hills ini tentunya tidak boleh anda lewatkan. 

Arti kata Jewel yang disematkan didalam nama gua ini yang berarti permata ini merupakan gambaran dalam langit-langit gua yang terlihat seperti kristal yang berwarna-warni dan menghiasi sudut-sudut dalam gua. Anda dapat menikmati sejumlah wisata yang ada di dalam gua dengan segala keindahan yang akan memanjakan mata anda.

Gua Mammoth Cave, Kentucky, di Amerika Serikat


Menjelajah Gua-Gua Terbesar Di Dunia, Indahnya dan Besarnya Bikin Kamu Tercengang
Gua Mammoth Cave, Kentucky, Amerika | Photo by Instagram: @ms.sconsin

Gua Mammoth Cave, Kentucky, di Amerika serikat memiliki ukuran yang besar dan panjang. Bahkan panjang gua ini sejauh ini belum diketahui karena jaringan-jaringan dari gua ini yang terus menerus ditemukan. Namun diperkirakan membentang sejauh 365 mill atau setara dengan 588km. 

Gua Mammoth Cave, Kentucky ini telah dijelajahi oleh manusia selama lebih dari 4000 tahun yang lalu dan hingga sekarang gua ini masih memiliki daya tarik kuat bagi penjelajah untuk mengunjungi Gua Mammoth Cave, Kentucky ini. Di Dalam gua ini juga diketahui banyak menampung berbagai air yang bocor melalui langit-langit batu kapur gua yang dinamakan Stalaktit selama ribuan tahun yang lalu.

Gua Optymistychna Cave, di Ukraina


Menjelajah Gua-Gua Terbesar Di Dunia, Indahnya dan Besarnya Bikin Kamu Tercengang
Gua Optymistychna Cave | Photo by Instagram: @alesyavidunovich

Gua Optymistychna Cave yang terletak di Korolivka, Ukraina ini memiliki panjang lebih dari 161 mill atau setara dengan 259 km dengan 10 bagian wilayah yang berbeda. Perbedaan pembagian wilayah gua ini didasarkan pada berbagai struktur wilayah dan varietas gypsum yang ditemukan didalam gua tersebut.

Gua Optymistychna Cave dikenal penjelajah sebagai gua labirin karena dalam gua yang disebut memiliki pola yang rumit untuk dijelajahi. Namun hal ini tidak menyurutkan minat para pengunjung untuk tetap menjelajahi isi dalam Gua Optymistychna Cave. Banyaknya lumpur yang terdapat dalam gua ini membuat para pengunjung harus rela berkotor-kotoran terutama jika telah memasuki kedalaman gua.

Gua Sistema Ox Bel Ha, di Meksiko


Menjelajah Gua-Gua Terbesar Di Dunia, Indahnya dan Besarnya Bikin Kamu Tercengang
Gua Sistema Ox Bel Ha | Photo by Instagram: @lavanguardia

Gua Sistema Ox Bel Ha yang terletak di Meksiko dalam radius 30 mil atau setara dengan 48 km dari gua terbesar di negara Meksiko lainnya yaitu Gua Sistema Dos Ojos dan menjadi gua terakhir yang memiliki ukuran besar di dunia. Gua Sistema Ox Bel Ha diperkiran memiliki bentangan sepanjang 167 mill atau setara dengan 267 km dan diperkirakan mulai terbentuk sekitar 18.000 tahun yang lalu. 

Gua Sistema Ox Bel Ha pertama kali ditemukan pada tahun 1996. Nama Ox Bel Ha yang dijadikan nama gua ini berasal dari bahasa Yucatex yang berarti Tiga Jalur Air. Diketahui sejak pertama pembentukannya,  Gua Sistema Ox Bel Ha beberapa kali telah terjadi banjir dan tergenang air.

Nah itu dia beberapa gua yang memiliki ukuran besar di dunia. Gimana, anda mau mencoba berkunjung dan melihat keindahan dalam gua-gua diatas? Sebaiknya jika anda ingin mencoba berkunjung ke berbagai gua diatas, anda harus mencari tour guide yang profesional sehingga membuat perjalanan penjelajahan anda aman dan nyaman yah.

Oleh : Devi Novitasari

Sumber Berita: 
www.brilio.net