Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Fakta Menarik Negara Arab Saudi yang Harus Kamu Tahu, Tak Hanya Unta!

Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:06 WIB Last Updated 2022-03-03T07:55:45Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Fakta Menarik Negara Arab Saudi yang Harus Kamu Tahu, Tak Hanya Unta!
Suasana Ka'bah di Tanah Suci Makkah | Photo by: pinterest.com

Populer24 - Arab Saudi identik dengan nuansa Islami dan budaya Islam yang khas. Negara yang menjadi tempat tinggal paling nyaman bagi unta ini juga mempunyai beberapa fakta yang harus kamu ketahui, simak fakta menarik negara Arab Saudi di artikel ini.

Arab Saudi mempunyai ibukota bernama Riyadh, di Arab Saudi bahasa umum yang digunakan adalah bahasa Arab. Negara dengan penduduk lebih 34 juta lebih penduduk ini dipimpin oleh seorang raja, dan yang saat ini memimpin adalah Raja Salman.

Selain Arab Saudi juga dikenal sebagai negara dengan ekonomi yang berkualitas, sehingga banyak pekerja yang merantau ke sana. Selain beberapa fakta tersebut, simak fakta menarik negara Arab Saudi lainnya berikut ini.

Fakta Menarik Negara Arab Saudi


1. Negara Arab Saudi menjadi titik kumpul umat Islam di seluruh dunia untuk melakukan ibadah


Fakta menarik negara Arab Saudi yang pertama adalah menjadi negara tempat titik kumpul umat Islam dari seluruh dunia untuk melakukan ibadah, ibadah yang dimaksud adalah ibadah haji dan umrah. Setiap tahun selalu ada umat Islam yang datang ke Mekkah di Arab Saudi untuk melakukan ibadah haji maupun umrah, sehingga negara Arab Saudi sangat identik dengan nuangsa Islam yang sangat kental.

Dengan kedatangan seluruh umat Islam dari seluruh dunia tersebut, membuat industri di Arab Saudi berjalan sangat baik. Toko-toko dan pasar menjadi sangat laris karena kedatangan para umat Islam dari seluruh dunia yang ingin melakukan ibadah haji maupun umrah, karena seperti yang diketahui para umat Islam tersebut tentunya ingin membawa barang atau oleh-oleh dari Arab Saudi.

Akan tetapi, disebabkan pandemi Covid-19 membuat Mekkah di Arab Saudi sempat ditutup. Saat kasus Covid-19 meningkat di Arab Saudi dan berbagai dunia, pemerintah Arab Saudi menurut akses umat Islam untuk datang ke Arab Saudi, hal itu dengan tujuan mengurangi penularan Covid-19. Untuk saat ini, Arab Saudi telah membuka akses kepada umat Islam untuk berkunjung ke Arab Saudi guna melakukan ibadah di Mekkah, namun dengan pembatasan serta hanya umat Islam dari negara-negara tertentu saja.

2. Arab Saudi merupakan tempat Nabi Muhammad ﷺ dimakamkan


Nabi besar serta Nabi terakahir umat Islam, Nabi Muhammad ﷺ dimakamkan di negara Arab Saudi, tepatnya makam Nabi Muhammad ﷺ terletak di bawah Kubah Hijau Masjid Nabawi yang berada di kota Madinah, Arab Saudi. Kubah Hijau yang menjadi petanda letak makam Nabi Muhammad ﷺ juga bisa terlihat jelas apabila dilihat dari luar masjid Nabawi di Madinah Arab Saudi. Makam Nabi Muhammad ﷺ di masjid Nabawi juga menjadi salah satu tujuan umat Islam apabila berkunjung ke Arab Saudi.

Selain makam Nabi Muhammad ﷺ, di dalam masjid Nabawi di Madinah juga ada makam dua sahabat Nabi Muhammad ﷺ, Abu Bakar Ash Shiddiq dan Umar bin Khattab. Makam Nabi Muhammad ﷺ terletak di sebuah ruang kamar yang tersedia di dalam masjid Nabawi Madinah, ruang kamar yang menjadi tempat makam Nabi Muhammad ﷺ tersebut diketahui juga dibatasi oleh pagar berwarna emas yang tinggi, pagas tersebut berhiaskan kaligrafi.

Diketahui juga bahwa makam Nabi Muhammad ﷺ tidak dapat dilihat begitu saja, hal itu dikarenakan makam Nabi Muhammad ﷺ berada di sebuah ruang kamar yang suci. Untuk melihat langsung makam Nabi Muhammad ﷺ, tersedia beberapa lubang untuk melihatnya, namun lubang tersebut tidak mengarah ke makam Nabi Muhammmad ﷺ, diketahui bahwa lubang itu mengarah ke makam Umar bin Khattab dan makam Abu Bakar Ash Shiddiq.

3. Negara Arab Saudi merupakan negara besar yang tidak mempunyai sungai


Fakta menarik negara Arab Saudi yang ketiga adalah negara ini tidak mempunyai sungai, meskipun dikategorikan sebagai salah satu negara yang cukup besar. Dilansir dari laman On His Own Trip, Arab Saudi disebut sebagai negara besar tanpa sungai di dalamnya. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar wilayah di Arab Saudi merupakan dataran gurun.

Diketahui bahwa 95% wilayah di negara Arab Saudi diklasifikasikan sebagai dataran gurun atau dataran semi gurun. Diketahui bahwa di bagian Selatan Arab Saudi terdapat wilayah yang bernama Rub Al Khali yang merupakan sebuah daerah gurun pasir terbesar di dunia.

Dikarenakan tidak adanya sungai, tidak ada pasokan air tawar alami di Arab Saudi. Diketahui bahwa air tawar di Arab Saudi berasal dari sebuah pabrik desalinisasi atau reservoir bawah tanah.

4. Meski punya banyak pasir di gurun, Arab Saudi impor pasir dari Australia


Hal mengejutkan yang dilakukan negara Arab Saudi yang mungkin belum kamu tahu adalah negara ini mengimpor atau membeli pasir dari Australia. Hal ini tentunya sangat bertentangan lantaran Arab Saudi mempunyai banyak pasir yang berada di gurun mereka.

Akan tetapi, impor pasir dari Australia yang dilakukan Arab Saudi bukan tanpa alasan. Arab Saudi membutuhkan pasir untuk membangun beberapa bangunan dan menjalankan kegiatan konstruksi di negara mereka. Terkait pasir di gurun di Arab Saudi, pasir tersebut diketahui tidak bisa dipakai atau tidak layak dijadikan bahan bangunan atau konstruksi.

Jadi meskipun Arab Saudi mempunyai banyak pasir di gurun, mereka masih membutuhkan pasir lain dengan kualitas terbaik dari Australia untuk digunakan sebagai bahan bangunan atau konstruksi.

5. Sebagian besar pekerja di Arab Saudi berasal dari luar negeri


Fakta menarik negara Arab Saudi yang terakhir adalah di Arab Saudi sebagian besar tenaga kerja berasal dari luar negeri, khususnya Asia Tenggara dan Afrika. Sebagaimana yang diketahui di Indonesia, sebagian besar penduduk Indonesia merantau ke Arab Saudi untuk mendapatkan pekerjaan. Selain Indonesia, sebagian besar pekerja dari Asia Tenggara dan Afrika juga merantau ke Arab Saudi untuk dapat pekerjaan.

Arab Saudi sendiri mencatat bahwa hampir sekira 80% tenaga kerja di Arab Saudi merupakan orang luar negeri atau non-nasional. Jadi dala, urusan pekerjaan, warga luar negeri lebih mendominasi di Arab Saudi.
Selain itu, imigran di Arab Saudi juga cukup banyak, Arab Saudi mencatat sebanyak 30 persen dari jumlah penduduknya adalah seorang imigran dari negara lain.

Demikian beberapa fakta menarik negara Arab Saudi yang harus kamu ketahui, bagaimana? Berminat berkunjung ke Arab Saudi?