Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Daftar Tempat Terdingin di Dunia, Napas Penduduk Bisa Beku!

Senin, 17 Januari 2022 | 13:35 WIB Last Updated 2022-03-03T07:41:43Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Daftar Tempat Terdingin di Dunia, Napas Penduduk Bisa Beku!
Daftar Tempat Terdingin di Dunia | Photo by Mikhail Nilov

Populer24 - Pernahkan kamu tahu tempat terdingin di dunia? Apabila belum, simak penjelasan di artikel ini sampai selesai agar mengetahui beberapa tempat dengan suhu dingin tersebut. Siapa tahu kamu ingin mencoba untuk menjelajahi atau berwisata ke beberapa tempat tersebut untuk merasakan suhu dingin.

Beberapa tempat yang punya suhu dingin tersebut tersebar di beberapa wilayah di dunia, mulai dari Antartika hingga Rusia. Beberapa tempat tersebut pernah mendapati suhu hingga minus 50 derajat celcius. Bahkan salah satu tempat tersebut membuat napas penduduknya membeku lantaran suhu dinginnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini daftar tempat terdingin di dunia yang harus kamu ketahui.

Daftar tempat terdingin di dunia


1 Kota Oymyakon di Rusia


Daftar Tempat Terdingin di Dunia, Napas Penduduk Bisa Beku!
Oymyakon Rusia | Foto : pinterest.com

Tempat terdingin di dunia yang pertama adalah kota Oymyakon di negara Rusia. Kota Oymyakon dikenal sebagai salah satu tempat yang mempunyai suhu sangat dingin di Rusia. Bagi yang ingin berkunjung ke Rusia dan ingin merasakan hawa yang dingin, kota Oymyakon bisa menjadi pilihan.

Kota Oymyakon di Rusia tetap dihuni oleh beberapa penduduk meskipun suhu di dataran tersebut sangatlah dingin, akan tetapi penduduk yang bermukim di kota Oymyakon Rusia tidak banyak.

Diketahui bahwa penduduk di kota Oymyakon di Rusia hanya sekira 500-an orang saja.
Diketahui bahwa kota Oymyakon di Rusia terletak di wilayah bagian timur Rusia, bermuara di sungai Indigirka di Rusia. Pada bulan Februari tahun 1933, kota Oymyakon Rusia pernah mencapai suhu -67,8°C, dan diketahui jika suhu di kota Oymyakon Rusia mencapai -55 °C maka sekolah di daerah sana ditutup.

2. North Ice di Greenland


Daftar Tempat Terdingin di Dunia, Napas Penduduk Bisa Beku!
North Ice Greenland | Foto : pinterest.com

Daratan North Ice di Greenland juga termasuk sebagai salah satu wilayah yang mempunyai suhu sangat dingin di bumi. Daratan Greenland sendiri merupakan suatu negara otonom kerajaan Denmark yang berada di wilayah Samudra Arktik dan Samudra Atlantik.

Sama halnya seperti kota Oymyakon di Rusia, di North Ice Greenland juga terdapat penduduk yang bermukim meskipun suhunya sangat dingin. Akan tetapi hanya ada sekira 10% dari penduduk di sana yang hidup di wilayah North Ice Greenland, selebihnya hidup di wilayaj bagian Timur dan Utara atau Eastern dan Northern Greenland.

Suhu dingin tertinggi yang pernah tercatat di North Ice Greenland adalah -66,1°C, suhu dingin -66,1°C tersebut tercatat di North Ice Greenland pada bulan Januari tahun 1954 silam.

3. Desa Snag di Kanada


Daftar Tempat Terdingin di Dunia, Napas Penduduk Bisa Beku!
Desa Snag Kanada | Foto : pinterest.com

Snag adalah nama desa di negara Kanada, dilansir dari laman Science Focus desa Snag di Kanada saat ini telah ditinggalkan. Desa Snag di Kanada merupakan wilayah yang dingin, dan sempat juga mencatat suhu dingin yang sangat ekstrem pada masa lalu.

Bahkan dilaporkan bahwa suhu dingin ekstrem yang pernah melanda desa Snag di Kanada membuat para napas penduduk di sana membeku ketika dihembuskan. Desa Snag di Kanada terletak 25 kilometer di sebelah timur Beaver Creek Kanada. Uniknya, desa Snag di Kanada berada di sebuah lembah dengan bentuk mangkuk.

Diketahui bahwa desa Snag di Kanada pernah mencapai suhu dingin hingga -62,7°C pada bulan Februari tahun 1947.

4. Kota Verkhoyansk di Rusia


Daftar Tempat Terdingin di Dunia, Napas Penduduk Bisa Beku!
verkhoyansk Rusia | Foto : pinterest.com

Selain Oymyakon, Rusia juga punya tempat lain dengan suhu sangat dingin, tempat tersebut adalah kota Verkhoyansk. Kota Verkhoyansk terletak di dalam lingkaran Arktik. Secara geografis, kota Verkhoyansk di Rusia berada 875 km dari Kota Yakutsk. Pada masa suhu dingin biasa, kota Verkhoyansk bersuhu -50 °C.

Meskipun terkenal dingin, kota Verkhoyansk  di Rusia juga bisa merasakan suhu panas, suhu panas di kota Verkhoyansk  Rusia pernah tercatat hingga 30°C, kota Verkhoyansk di Rusia juga dihuni oleh penduduk, tercatat ada sekira 1.000 lebih penduduk yang bermukim di kota Verkhoyansk Rusia.

Kota Verkhoyansk pernah mencatat suhu dingin yang sangat ekstrem pada bulan Februari 1892, tercatat pada tahun tersebut kota Verkhoyansk mencapai -69.8°C.

5. Dome Fuji di Antartika


Daftar Tempat Terdingin di Dunia, Napas Penduduk Bisa Beku!
Dome Fuji Antartika | Foto : pinterest.com

Dome Fuji di Antartika juga termasuk ke dalam tempat terdingin di dunia. Dome Fuji di Antartika merupakan sebuah pangkalan di Antartika yang berada di bagian timur Queen Maud Land dengan ketinggian 3.810 di atas permukaan laut.

Dome Fuji di Antartika juga mempunyai nama lain seperti Dome F dan Valkyrie Dome. Wilayah Dome Fuji di Antartika dikenal sangat dingin dikarenakan wilayah tersebut adalah puncak tertinggi kedua kubah es dari cairan es di Antartika timur.

Dome Fuji di Antartika pernah mencatat suhu dingin yang benar-benar ekstrem pada tahun 2010 bulan Agustus, pada waktu itu Dome Fuji di Antartika mencatat suhu hingga -69.8°C.

Itulah beberapa tempat terdingin di dunia, beberapa tempat tersebut tentunya mempunyai suhu dingin sehari-hari dan sempat mencapai suhu dingin yang ekstrem.

Ditulis Oleh : Risco Ferdian
Editor : Sophia Wardhani