Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Daftar Formasi Sepak Bola Paling Populer Lengkap dengan Penjelasannya

Jumat, 21 Januari 2022 | 14:47 WIB Last Updated 2022-03-03T07:36:09Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Daftar Formasi Sepakbola Paling Populer Lengkap dengan Penjelasannya
Formasi Sepak Bola | Photo by Yogendra Singh

Populer24 - Formasi sepakbola paling populer kerap digunakan beberapa klub maupun tim nasional di dunia.

Formasi merupakan suatu aspek penting dalam permainan sepakbola. Formasi ditentukan oleh pelatih sepakbola, pelatih juga tidak boleh sembarangan dalam menerapkan formasi untuk timnya, karena harus mengetahui terlebih dahulu kemampuan setiap pemainnya agar nanti bisa menerapkan formasi dengan mudah.

Pada permainan sepakbola, ada berbagai macam dan variasi formasi yang dipakai pelatih, menyesuaikan kondisi tim dan lawan yang dihadapi. Ada formasi yang dikhususkan untuk serangan dan ada juga formasi yang memang dikhususkan untuk bertahan.

Penerapan formasi saat melakukan pertandingan sepakbola juga kerap diubah, bisa saja seorang pelatih sepakbola menerapkan formasi yang berbeda pada babak pertama dan pada babak kedua.

Selain itu, formasi sepakbola juga bisa diubah saat menjalani pertandingan, misalnya di awal kick off suatu tim menggunakan formasi 4-4-2 bisa saja diubah menjadi 4-1-4-1 saat melakukan pertandingan, hal ini memang kerap dilakukan untuk mengelabuhi lawan.

Sebagai informasi, berikut ini rangkuman tentang beberapa formasi sepakbola yang paling populer dan kerap digunakan pelatih sepakbola untuk timnya. Beberapa formasi sepakbola ini pun kerap kali digunakan beberapa klub dan tim nasional ternama di dunia, beberapa formasi sepakbola ini juga kerap diterapkan beberapa tim asal Indonesia untuk bertanding melawan lawannya.

Daftar formasi sepakbola paling populer


1. Formasi 4-4-2


Formasi 4-4-2 adalah formasi sepakbola yang paling populer dan kerap digunakan oleh beberapa klub bola. Formasi 4-4-2 dikenal sebagai formasi yang sulit untuk ditembus lawan.

Hal itu dikarenakan formasi 4-4-2 menggunakan empat bek, dua bek tengah dan dua bek sayap.

Sementara di lini tengah juga diisi empat pemain mulai dari dua gelandang baik gelandang serang maupun gelandang bertahan, serta dua pemain sayap atau winger yang ada di sisi kiri dan kanan.

Untuk lini depan, terdapat dua penyerang yang digunakan sebagai target man. Apabila dalam kondisi menyerang, formasi 4-4-2 kerap berubah menjadi 4-2-4 karena dua pemain winger atau sayap ikut membantu striker untuk menyerang.

2. Formasi 3-4-3


Formasi 3-4-3 juga menjadi salah satu formasi yang banyak digunakan oleh beberapa klub. formasi 3-4-3 dikenal sebagai formasi yang praktis digunakan untuk menyerang karena menggunakan tiga orang di lini serangan.

Formasi 3-4-3 dalam sepakbola menggunakan tiga pemain untuk mengisi lini pertahanan, kemudian ada empat orang di lini tengah untuk mengisi dua sayap dan dua gelandang, serta tiga orang di lini depan.

Pergerakan dua pemain sayap di formasi 3-4-3 dikenal fleksibel, pasalnya dua pemain saya dalam posisi ini diharuskan bisa membantu pertahanan saat bertahan dan naik membantu serangan ketika menyerang.

Sementara untuk tiga orang di lini serangan pada formasi 3-4-3 kerap diisi oleh satu orang target man di tengah dan dua orang yang mempunyai kecepatan dan skill tinggi di sisi kiri dan kanan.

3. Formasi 4-2-3-1


Formasi sepakbola yang paling populer selanjutnya adalah formasi 4-2-3-1. Formasi ini terkenal kuat dalam bertahan, hal ini dikarenakan ada empat pemain di lini belakang dan dua orang di lini tengah sebagai gelandang bertahan.

Serangan pada formasi 4-2-3-1 mengandalkan sosok satu striker di lini depan, didukung tiga orang dibelakangnya sebagai penyuplai bola dan pengatur serangan.

Pada formasi 4-2-3-1 juga tidak menutup kemungkinan untuk menjadi 4-1-4-1 saat digunakan untuk melakukan sebuah serangan ke lawan.

4. Formasi 4-2-2-2


Formasi 4-2-2-2 juga menjadi salah satu formasi yang banyak digunakan beberapa klub. Pada penerapannya, formasi 4-2-2-2 kerap menjadi 4-1-4-1 atau 4-1-3-2 saat digunakan untuk melakukan serangan.

Formasi 4-2-2-2 terdiri dari empat pemain bertahan, empat pemain gelandang bisa terdiri dari dua gelandang bertahan dan dua gelandang serangan, serta dua striker di depan.

Formasi 4-2-2-2 juga dikenal kuat dalam bertahan, pasalnya pertahan diisi oleh empat pemain dan dua gelandang di depannya bersifat fleksibel sehingga bisa turun membantu pertahanan.

5. Formasi 3-5-2


Formasi sepakbola paling populer yang lain adalah formasi 3-5-2, formasi ini dikenal kuat dalam menguasai lini tengah lapangan, karena praktis menggunakan lima pemain di lini tengah.

Lima pemain tengah di formasi 3-5-2 bisa terdiri dari dua gelandang bertahan, satu gelandang serang, dan dua pemain sayap. Formasi 3-5-2 menggunakan tiga bek murni, namun pemain gelandang bertahan di depannya juga bisa turun untuk membantu pertahanan saat bertahan.

Sementara untuk lini depan pada formasi 3-5-2 diisi oleh dua pemain penyerang atau striker, seringkali dijumpai juga bahwa salah satu striker diposisikan sebagai second striker sehingga formasi dua striker tersebut tidak sejajar.

Itulah daftar formasi sepakbola paling populer dan kerap dipakai beberapa klub di dunia, mana formasi favoritmu?

Ditulis Oleh : Risco Ferdian
Editor : Sophia Wardhani