Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Membuat Ayam Kecap yang Lezat, Catat Resep Mudahnya Berikut

Kamis, 20 Januari 2022 | 22:37 WIB Last Updated 2022-01-25T14:30:59Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Cara Membuat Ayam Kecap yang Lezat, Catat Resep Mudahnya Berikut
Cara Membuat Ayam Kecap | Foto: Youtube "Arfiani Yanuar"

Populer24 - Cara membuat ayam kecap yang lezat, enak, dan gurih bisa kamu simak di artikel ini. Masakan ini bisa menjadi menu masakan sehari-hari agar tidak bosan. Cara memasak ayam kecap mungkin sudah diketahui banyak orang, lantaran memang caranya mudah dilakukan. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mengetahui resep ayam kecap yang dijelaskan di artikel ini agar mendapatkan referensi lain serta beberapa hal yang mungkin belum kamu ketahui tentang sajian ayam kecap. 

Perlu diketahui bahwa bumbu ayam kecap yang paling utama merupakan kecap manis. Sajian masakan ayam kecap juga dapat divariasikan ke dalam berbagai macam rasa, misalnya ayam kecap pedas untuk kamu yang duka masakan dengan cita rasa pedas, ayam kecap pedas manis untuk kamu yang suka memadukan rasa pedas dan manis, ayam kecap suwir untuk kamu yang ingin makan ayam dalam bentuk lembut atau suwir, hingga ceker kecap untuk kamu yang tidak ingin mengonsumsi daging ayam namun suka dengan ceker ayam.

Untuk mengonsumsi sajian masakan ayam kecap, kamu tidak harus mengeluarkan banyak modal untuk membeli bahan-bahan guna membuatnya. Beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat satu porsi sajian ayam kecap bisa ditemui di toko-toko bumbu bahkan telah ada di dapur kamu, sedangkan cara bikin ayam kecap juga terbilang cukup mudah dan simpel, kamu tidak perlu ahli betul dalam hal masak memasak untuk bisa membuat satu porsi ayam kecap.

Sudah tidak sabar ingin tahu cara membuat ayam kecap? Simak penjelasan selengkapnya beserta resep lengkapnya berikut ini.

Resep ayam kecap

Beberapa bahan berikut ini untuk masak ayam kecap dengan porsi 1/2 daging ayam, penambahan atau pengurangan bumbu dapat disesuaikan dengan banyaknya daging ayam yang ingin dipakai.
- 1/2 daging ayam (setengah ekor ayam)
- Kecap manis
- 4 siung bawang putih
- 1/2 buah bawang bombay (setengah buah bawang bombay)
- 1-2 buah tomat segar
- 1 buah jeruk nipis segar
- Jahe bubuk secukupnya
- 2 buah daun bawang
- Garam (penggunaan secukupnya)
- Gula (penggunaan secukupnya)
- Penyedap rasa (penggunaan secukupnya)
- Merica bubuk (penggunaan secukupnya)
- Cabai rawit (opsi jika ingin menambahkan rasa pedas)
- Minyak goreng (penggunaan secukupnya)
- 1 cangkir air putih (penggunaan secukupnya)
- Mentega (opsi jika untuk menumis bumbu selain menggunakan minyak)

Cara membuat ayam kecap

Setelah mengetahui beberapa bahan yang digunakan untuk memasak ayam kecap, sudah saatnya kamu menyimak bagaimana cara membuat ayam kecap.

- Siapkan 1/2 daging ayam yang ingin dibuat ayam kecap, bersihkan daging ayam tersebut menggunakan air bersih, potong daging ayam tersebut sesuai selera, disarankan untuk tidak memotong terlalu kecil.
- Setelah daging ayam bersih, kamu bisa melumuri daging ayam dengan air jeruk nipis dan sedikit penyedap rasa serta garam (ini opsional, bisa dilakukan bisa tidak sesuai selera.
- Selanjutnya goreng daging ayam tersebut hingga setengah matang di wajan yang berisi minyak panas.
- Setelah daging ayam telah digoreng setengah matang, saatnya menyiapkan bumbu ayam kecap. Haluskan 4 siung bawang putih, 1/2 bawang bombay (tidak terlalu halu tidak masalah), kemudian tumis di wajan dengan sedikit minyak atau bisa juga menggunakan mentega.
- Sembari menumis dua bahan tersebut, masukkan juga penyedap rasa secukupnya, bubuk jahe sesuai selera, irisan daun bawang, merica bubuk secukupnya, untuk yang suka pedas bisa menambahkan irisan cabai rawit merah.
- Setelah aroma bumbu sedikit tercium, masukkan kecap manis secukupnya dan sedikit air. Tambahkan juga garam secukupnya, gula secukupnya, dan penyedap rasa secukupnya. Kemudian aduk-aduk hingga bumbu ayam kecap tercampur merata.
- Tunggu beberapa saat, kemudian masukkan daging ayam yang sudah digoreng setengah matang sebelumnya. Tambahkan juga irisan tomat segar, lalu aduk-aduk lagi agar daging ayam tercampur dengan bumbu ayam kecap.
- Masak hingga dirasa bumbu benar-benar meresap ke dalam daging ayam.
- Jika dirasa sudah masak dan bumbu telah meresap, angkat daging ayam dan sajikan bersama bumbunya.

Demikian cara masak ayam kecap, mudah bukan? Selain mudah, rasa ayam kecap juga tentunya tidak akan mengecewakan. Sajian ayam kecap sangat cocok apabila disantap bersama dengan nasi putih yang masih hangat. Bagi para ibu-ibu, sajian ayam kecap bisa menjadi salah satu opsi apabila bingung daging ayam mau dimasak apa.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, sajian ayam kecap juga dapat dikreasikan sesuka hati, jika ingin pedas maka bisa menambahkan cabai rawit saat memasak. Bagaimana? setelah tau cara membuat ayam kecap, apakah kamu tertarik untuk memasaknya? Selamat mencoba masak sajian lezat ayam kecap, semoga panduan ini bisa membantu kamu untuk membuat masakan yang enak ya!