Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Begini Caranya Cari Uang Tambahan Dengan Shopee Affiliate Program

Sabtu, 22 Januari 2022 | 09:53 WIB Last Updated 2022-03-09T17:55:29Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Begini Caranya Cari Uang Tambahan Dengan Shopee Affiliate Program
Shopee Affiliate Program | Foto : pinterest.com

Populer24 - Di era modern seperti sekarang ini banyak sekali hal-hal mudah yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan uang. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur Shopee Affiliate di aplikasi Shopee yang jika digunakan secara benar maka akan menghasilkan uangnya yang lumayan banyak loh.

Program yang diperuntukan untuk para pengguna Shopee ini tentunya dapat memberikan kesempatan bagi kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan hanya mempromosikan Shopee di Sosial media kamu. Lalu bagaimana sih kita bisa mendaftar dan memanfaatkan kesempatan ini? Berikut ini ulasannya!

Syarat Mendaftar Program Shopee Affiliate 

Shopee Affiliate merupakan program yang dibuat Shopee untuk memberikan penawaran penghasilan tambahan bagi para pengguna Shopee untuk dapat mempromosikan produk Shopee di berbagai sosial media. Maka dari itu sebenarnya syarat utama kamu bisa bergabung ke Shopee Affiliate yaitu kamu harus memiliki Sosial Media untuk dijadikan tempat promosi produk yang ingin kamu promosikan yah.

Untuk ketentuan dan syarat lainnya sebagai berikut:


1. Memiliki sosial media untuk tempat promosi produk seperti facebook, instagram, twitter, tik tok, dan youtube.

2. Akun media sosial kamu harus asli milik pribadi bukan toko atau penjual, masih aktif, dan terbuka untuk umum

3. Akun media sosial yang kamu punya tidak melanggar peraturan perundangan-undangan yang berlaku di Indonesia seperti mengandung berbagai postingan yang mengandung  SARA, pornografi, unsur suku dan agama.

4. Hanya boleh mempromosikan produk Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star Seller dan tidak diperbolehkan untuk mempromosikan produk-produk yang dilarang seperti rokok, obat-obatan terlarang, dan produk palsu.

5. Komisi yang dihasilkan nantinya dapat dibayarkan paling cepat setiap 2 minggu sekali.

6. Shopee memiliki hak untuk mengunggah kembali konsen di e-commerce dan sosial media.

Cara Bergabung Shopee Affiliate

Untuk bergabung dan resmi terdaftar pada program Shopee Affiliate, maka dilakukan cara-cara sebagai berikut:


1. Buka aplikasi penelusuran kamu kemudian masuk ke halaman affiliate.shopee.co.id

2. Setelah berhasil masuk ke beranda awal, kamu bisa login menggunakan akun shopee yang telah kamu miliki sebelumnya, namun jika kamu belum memiliki akun Shopee kamu bisa terlebih dahulu untuk mendaftar dengan nomor telepon atau alamat email dan ikuti langkah-langkah pembuatan akun hingga selesai.

3. Jika telah selesai mengisi formulir pendaftaran maka klik tombol “Daftar”

Langkah selanjutnya kamu harus menunggu proses validasi yang dilakukan Shopee dengan waktu kurang lebih 3 x 24 jam kerja. Apabila kamu telah mengisi data sesuai dengan ketentuan Shopee, maka pihak Shopee akan mengirimkan persetujuan tersebut melalui email kamu dan kamu sudah bisa bergabung dengan program tersebut. Pastikan nomor whatsapp dan alamat email yang kamu daftarkan aktif karena dapat mempengaruhi proses validasi.

Proses selanjutnya setelah pendaftaran kamu disetujui, langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:


1. Setelah kamu berhasil melakukan pendaftaran, dapatkan custom link produk di aplikasi Shopee kamu.

2. Selanjutnya klik salin tautan untuk mendapatkan custom link tersebut contoh https://shp.ee

3. Kemudian bagikan link yang kamu dapat ke sosial media kamu

4. Tunggu komisi pembayaran untuk setiap custom link produk yang kamu bagikan ke sosial media kamu.

Selain hal-hal diatas kamu perlu tahu juga mengenai ketentuan-ketentuan komisi yang akan kamu terima dalam pembayaran Program Shopee Affiliate. Nah pembahasannya seperti dibawah ini yah.

Seputar Biaya Komisi dan Segala Ketentuan Pembayaran Program Shopee Affiliate


1. Tarif Komisi


Tarif komisi adalah sebuah tarif yang harus dibayarkan pihak Shopee kepada pihak afiliasi. Perhitungan biaya tarif komisi ini disesuaikan dengan tarif yang tertera di dalam web Shopee atau sesuai dengan kesepakatan antara pihak Shopee dan pihak afiliasi secara tertulis.

2. Perhitungan Biaya Komisi

Setiap bulannya biaya komisi ditentukan berdasarkan perhitungan dari pembelian selesai bersih yang dikalikan dengan tarif komisi. Pihak afiliasi akan menerima biaya komisi yang telah dipotong pajak pertambahan nilai dan akan dibayarkan pihak Shopee melalui transfer bank.

3. Pembayaran Minimal

Pembayaran minimal pada program Shopee Affiliate ditentukan sebagai berikut:

1. Biaya komisi yang diterima afiliasi akan diterima setiap dua minggu sekali

2. Saldo minimal yang dibayarkan pihak Shopee kepada afiliasi setiap dua minggu sebesar Rp 10.000

3. Jika saldo minimal tidak memenuhi saldo minimal yang ditentukan, maka pihak Shopee tidak bisa menahan jumlah uang yang harus dibayarkan tetapi menunggu  hingga periode pembayaran saldo memenuhi ketentuan pembayaran minimal yang telah ditentukan sebelumnya.

4. Pembayaran Komisi 

Dalam pembayaran komisi pihak Shopee telah menentukan jumlah komisi minimal yaitu jika komisi yang jumlahnya dibawah 1 Juta maka komisi akan dibayarkan ke ShopeePay Afiliasi, dan jika jumlahnya diatas 1 Juta maka akan dibayarkan langsung melalui transfer bank.

5. Pajak

Jumlah komisi yang dibayarkan pihak Shopee ke afiliasi akan dipotong biaya pajak berdasarkan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan pihak Shopee.

6. Pembebanan Transaksi ke Kartu Kredit

Pihak Shopee tidak akan melakukan pembayaran komisi dan memiliki hak untuk mengkompensasi utang atau mengajukan atas transaksi yang dibayarkan.

Program Shopee Affiliate Banyak Untungnya


Bergabung dengan program Shopee Affiliate kamu memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut:

1. Kamu bisa memilih sesuka hati kamu untuk mempromosikan produk apa saja yang ingin kamu promosikan di media sosial kamu

2. Walaupun sosial media kamu hanya memiliki pengikut yang sedikit, namun Shopee akan memberikan kamu kesempatan untuk bergabung dalam program ini

3. Bisa dikerjakan dimanapun dan tidak terikat waktu dan kontrak kerja

4. Cara bergabung dalam program Shopee Affiliate ini sangat mudah  untuk dilakukan

5. Kamu bisa mendapatkan komisi sebanyak 10% dari produk yang kamu promosikan
 
6. Perhitungan komisi dan pembayaran dilakukan sangat transparan


Ditulis Oleh : Devi Novitasari
Editor : Sophia Wardhani