Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Apa Yang Terjadi, Ada Demonstrasi Besar Di kazakhstan, Inilah Faktanya

Minggu, 09 Januari 2022 | 14:19 WIB Last Updated 2022-02-08T15:09:09Z
Daftar Isi [Tampilkan]

Masa Aksi Rakyat Kazakshtan (Sumber Foto: Financial Times)

Populer24 – Kazakshtan adalah sebuah Negara yang terletak di wilayah kawasan asia tengah dan termasuk juga dalam wilayah eropa timur. Kazakshtan sebagai Negara yang memiliki wilayah terluas kesembilan di dunia dan kedua dalam Negara pecahan Uni Soviet.  Namun akhir-akhir ini mengapa Negara Kazakshtan yang kaya akan gas bumi tersebut sedang dilanda protes besar-besaran terhadap pemerintah.

Kazakshtan kian hari semakin mendapat sorotan dari dunia internasional, setelah pemerintah Kazakshtan mengumumkan keadaan darurat di berbagai kota Kazakshtan yang sedang diguncang protes besar oleh sejumlah rakyat Kazakshtan.

Kerusuhan tersebut dimulai karena adanya kenaikan harga minyak dan bahan bakar hal itu menimbulkan aksi unjuk rasa dan memicu protes terhadap pemerintahan Kassym-Jomart dan mantan presiden Nursultan Nazarbayev, Kazakshtan.

Demikian, adanya aksi unjuk rasa dan demonstrasi tersebut merupakan hal terburuk sepanjang satu dekade terakhir.

Fakta yang menimbulkan kerusuhan di Kazakshtan


1. Stabilitas Politik Pemerintah Kazakshtan

Kazakshtan dalam situasi kestabilitasan politiknya yang dipimpin oleh mantan presiden Nursultan Nazarbayev, telah melakukan sebuah investasi asing senilai ratusan miliar dolar Amerika Serikat. Namun investasi tersebut sebagian besar dikendalikan oleh keluarga besar Nur-sultan Nazarbayev sendiri oleh karena itu dicurigai oleh rakyat Kazakshtan.

2. Kediktatoran Pemerintahan Nazarbayev

Kecenderungan diktator karena telah memimpin Kazakshtan, semenjak lepas dari Uni Soviet pada tahun 1991, dan menjadi penguasa yang paling lama dari berbagai Negara bekas pecahan Uni Soviet manapun Lalu, Nazarbayev mengundurkan diri dari jabatanya sebagai presiden pada tahun 2019 dan digantikan oleh Kassym-Jomart Tokayev yang dipilihnya sendiri.

3. Otoritarian

Semjumlah kelompok Hak Asasi Manusia (HAM) di Kazakshtan sering kali mengkritik pemerintahan Nazarbayev karena sistem politiknya yang cenderung otoriter, tidak adanya kebebasan dalam menyatakan pendapat dan kurangnya pemilihan umum secara tebuka jujur dan adil. Kerena hal itu Nazarbayev terplih lagi pada tahun 2015 dengan jabatan presiden yang ke – 5 kalinya meraih perolehan suara sebanyak 98%.

4. Ibu Kota Baru Kazakshtan

Ibu Kota Baru yang menuai polemik karena diusulkan dengan nama Nur Sultan, Nazarbayev itu sendiri.

5. Kronologi Kerusuhan di Kazakshtan

Kazakshtan, Negara yang memiliki cadangan minyak dan gas bumi terbesar tersebut ironinya mengalami kenaikan harga bahan bakar yang tinggi padahan Kazakshtan memiliki banyak sumber daya alam melimpah diantaranya cadagan gas bumi di sekitar laut kaspia, karacgahanak dan negara yang memiki perekonomian terbesar se - asia tengah.

Sumber: Kompas.com