Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

6 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan, Cegah Diabetes Hingga Kuatkan Tulang

Minggu, 09 Januari 2022 | 00:10 WIB Last Updated 2022-02-08T15:09:09Z
Daftar Isi [Tampilkan]
Mentimun | Photo by Louis Hansel on Unsplash

Populer24 - Mentimun merupakan makanan yang sangat mudah ditemui di Indonesia, umumnya mentimun dijadikan lalapan, bahan masakan, atau dimakan langsung pun juga bisa. Tidak jarang juga mentimun dijadikan bahan untuk mempercantik makanan atau garnish.

Makanan yang dikenal dengan warna hijau ini juga mengandung berbagai macam zat. Dikutip dari Medical News Today, dalam mentimun mentah yang kulitnya tidak dikupas mengandung beberapa zat seperti air, kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, folat, beta karoten, lutein + zeaxanthin, vitamin C, vitamin K, vitamin A, vitamin B, dan antioksidan.

Dengan mengandung berbagai macam zat yang telah disebutkan di atas, tentunya mentimun sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh?

Berikut ini daftar beberapa manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi.
Manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh.

6 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan


1. Mentimun bermanfaat untuk kesehatan tulang

Manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah dapat memperkuat tulang. Dilansir dari Women's Health dan Medical News Today, vitamin K yang terkandung di dalam mentimun dapat membantu memperkuat tulang.

Sebuah penelitian menyebut bahwa wanita pasca menopause mempunyai risiko patah tulang lebih sedikit karena mengonsumsi vitamin K setiap harinya daripada yang wanita yang tidak mengkonsumsi vitamin K.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat atau USDA, diketahui bahwa sebanyak 142 gram mentimun mentah yang tidak dikupas kulitnya mengandung 10,2 mikrogram vitamin K.

Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan wanita dan pria di usia 19 tahun ke atas agar mengonsumsi vitamin K melalui mentimun agar bisa mendapatkan tulang yang kuat.

2. Mentimun dapat menjaga pencernaan agar tetap sehat

Dilansir dari Women's Health, mentimun juga dapat menjaga pencernaan agar tetap sehat, hal ini dikarenakan kandungan serat yang tersedia di dalam mentimun.

Diketahui bahwa kalori yang terkandung di dalam mentimun banyak yang berasal dari serat, serat yang ada di dalam mentimun membantu keteraturan dalam buang air besar atau proses pencernaan dan dapat menjaga kesehatan usus.

Dengan adanya kandungan serat berlebih di dalam mentimun, mentimun bisa mencegah anda untuk makan berlebih karena kandungan serat dapat membuat tubuh mudah kenyang.

3. Mentimun dapat mencegah terjadinya dehidrasi

Manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah dapat mencegah terjadinya dehidrasi di dalam tubuh.

Mentimun yang memiliki kandungan air cukup banyak tentunya bisa membantu tubuh agar selalu terhidrasi dan mencegah dehidrasi.

Bagi yang tidak berminat minum air untuk menjaga tubuh agar selalu terhidrasi, memakan mentimun bisa menjadi solusi pengganti minum air.

Mentimun dapat dijadikan opsi sebagai asupan cairan harian untuk tubuh.

4. Mentimun dapat mencegah diabetes

Manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh yang keempat adalah berguna untuk mencegah diabetes. Dilansir dari Women's Health, Jessica Perez, RD menyebut mentimun dapat mencegah diabetes karena kandungan air yang banyak, konsumsi air yang banyak dalam tubuh bisa mengurangi rasa keinginan untuk mengkonsumsi makanan atau camilan yang manis sehingga kadar insulin dalam tubuh dapat diatur.

Selain itu, dilansir dari Medical News Today, mentimun juga mengandung zat yang bisa membantu menurunkan gula darah.

Jadi, dengan mengkonsumsi mentimun bisa membantu mencegah penyakit diabetes.

5. Mentimun dapat mencegah kanker

Manfaat luar biasa jika mengonsumsi mentimun adalah dapat mencegah potensi terkena kanker, karena mentimun diketahui dapat mencegah kanker dan pertumbuhan sel kanker.

Sebuah studi dalam artikel International Journal of Health Services menyebut kandungan nutrisi rasa pahit tingkat tinggi atau dikenal dengan cucurbitacin yang terkandung di dalam mentimun dapat membantu mencegah kanker hingga membantu menghentikan reproduksi sel kanker.

Selain itu, dilansir dari Medical News Today, serat yang terkandung di dalam mentimun juga bisa membantu untuk melindungi dari kanker kolorektal.

6. Mentimun dapat membantu merawat kulit

Mungkin manfaat mentimun untuk kesehatan kulit sudah banyak diketahui, hal ini memang benar adanya karena telah ada beberapa penelitian yang menyebut bahwa nutrisi yang terkandung di dalam mentimun bisa memberikan manfaat untuk kulit.

Penerapannya adalah dengan cara menempelkan irisan mentimun langsung ke kulit agar dapat membantu mendinginkan kulit, selain itu irisan mentimun juga kerap ditempelkan di mata dengan tujuan untuk mengurangi bengkak di area mata di pagi hari.

Namun, penggunaan mentimun untuk perawatan kulit perlu mendapat perhatian lebih karena tidak semua kulit cocok dengan perawatan menggunakan mentimun.

Itulah beberapa manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh, mulai dari mencegah diabetes, kanker menguatkan tulang, hingga membantu perawatan kulit. Setelah mengetahui manfaat yang banyak tersebut, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi mentimun.