Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

5 Pekerjaan Freelance Paling Dicari 2022, Segera Latih!

Minggu, 02 Januari 2022 | 23:18 WIB Last Updated 2022-03-03T08:07:50Z
Daftar Isi [Tampilkan]
5 Pekerjaan Freelance Paling Dicari di 2022, Segera Latih!
Pekerjaan Freelance | Photo by Joseph Frank on Unsplash

Populer24 - Ketahui 5 pekerjaan freelance yang paling dicari di 2022 berikut ini, bisa dicoba bagi kamu yang tidak ingin bekerja full-time.

Pekerjaan freelance artinya dapat dilakukan kapanpun serta di manapun, beberapa pekerjaan freelance ini juga dilakukan melalui media sosial.

Lantas, apa saja pekerjaan freelance paling dicari di 2022? Simak ulasannya berikut ini. Versi Populer24

Pekerjaan freelance paling dicari di 2022


1. Kreator Konten (Content Creator)


Content Creator merupakan pekerjaan yang bisa dibilang baru muncul. Content Creator diharuskan untuk bisa berpikir kreatif dan menciptakan sesuatu yang menarik.

Content Creator bertugas untuk membuat suatu konten yang dinikmati audience, konten tersebut bisa dalam bentuk video, gambar, maupun tulisan.

Media yang kerap digunakan oleh para Content Creator untuk menampilkan hasil kontennya adalah YouTube, TikTok, hingga Instagram.

Content Creator bisa menghasilkan uang dari iklan yang disematkan di kontennya, ataupun dari sebuah agensi yang merekrut Content Creator tersebut.

Kabar baiknya, semua orang saat ini bisa menjadi Content Creator. Hal itu dikarenakan media seperti YouTube dan TikTok dapat diakses siapapun, dan siapapun juga bisa membuat konten di media tersebut.

Selain itu, beberapa perusahaan besar juga banyak yang mencari sosok Content Creator untuk membuat suatu konten dari produk yang dihasilkan perusahaan tersebut.

Pekerjaan sebagai Content Creator bisa dilakukan dalam sistem freelance karena hanya menyita waktu yang singkat dan tidak memerlukan waktu tertentu untuk melakukan pekerjaannya.

2. Advertiser atau pengiklan produk


Sosok Advertiser juga menjadi pekerjaan freelance yang banyak dicari di 2022. Advertiser atau pengiklan bertugas untuk mengiklankan suatu produk di media online seperti Google dan Facebook.
Seorang Advertiser harus mampu menghasilkan banyak impresi pada iklan tersebut agar nantinya terjadi banyak penjualan produk. Oleh karena itu, sosok Advertiser harus memahami dasar-dasar beriklan di Facebook atau FB ads dan beriklan di Google atau Google ads.

Meskipun memasang iklan di Facebook dan Google terbilang cukup mudah, namun nyatanya banyak yang rugi atau gagal dalam beriklan, hal ini disebabkan berbagai faktor seperti salah penargetan audience, salah copywriting, hingga salah dalam memakai konten penjualan. 

Oleh karena itu sosok Advertiser yang berpengalaman sangat dicari saat ini untuk mengatasi permasalahan pengiklanan. Untuk menawarkan jasa sebagai Advertiser, bisa kamu mulai dengan menawarkannya di platform media sosial atau marketplace. Pekerjaan sebagai Advertiser bisa dilakukan dalam sistem freelance karena tidak menyita banyak waktu.

3. Graphic Designer atau Desainer Grafis


Pekerjaan sebagai Graphic Designer juga menjadi pekerjaan freelance yang paling dicari di 2022. Kemampuan seorang Graphic Designer tentunya banyak dicari orang yang mempunyai suatu perusahaan atau sekedar produk.

Di era digital saat ini, semua produk mempunyai toko online. Dan toko online tersebut membutuhkan poster produk yang menarik agar pembeli bisa tertarik. Di sini peran Graphic Designer dibutuhkan untuk membuat poster-poster menarik tersebut.

Tidak hanya membuat poster digital, seorang Graphic Designer juga bisa menghasilkan uang dengan berbagai cara misalnya menjual flat icon, font, hingga kelas desain.

Pekerjaan sebagai Graphic Designer dapat dilakukan dengan cara freelance, namun ada juga perusahaan yang menerapkan pekerjaan dengan sistem full time untuk karyawannya yang berperan sebagai Graphic Designer.

4. Penulis Online atau Content Writer


Pekerjaan sebagai Penulis Online juga banyak dicari di 2022, bersamaan dengan perkembangan teknologi saat ini.

Sosok blogger, owner produk, hingga website berita banyak mencari sosok Penulis Online baru-baru ini. Hal itu dikarenakan mereka membutuhkan sebuah konten dalam bentuk tulisan.
Seorang Penulis Online juga kerap menawarkan jasanya di forum-forum media sosial. Umumnya, Penulis Online bertugas untuk membuat suatu konten dalam bentuk tulisan yang unik, anti plagiat, baik tema tertentu maupun tema yang telah ditentukan.

Bayaran untuk Penulis Online biasanya disesuaikan dengan jumlah kata yang ditulis dalam konten tulisannya tersebut, namun ada juga Penulis Online yang mendapatkan kontrak kerja dengan gaji tertentu.

Jika ingin menjadi Penulis Online, kamu bisa memulai untuk membuat portofolio tulisanmu dan coba tawarkan kepada orang-orang yang sekiranya membutuhkan jasa Penulis Online.

5. Admin Media Sosial


Pekerjaan sebagai Admin Media Sosial juga banyak dicari untuk saat ini. Peran Admin Media Sosial akan sangat membantu perusahaan untuk mendapatkan citra yang baik dari masyarakat melalui media sosial.

Tugas seorang Admin Media Sosial adalah mengatur dan berinteraksi langsung dengan audience yang ada di media sosial. Umumnya, akun Instagram maupun Facebook yang menawarkan produk yang laku keras membutuhkan banyak Admin Media Sosial karena bisa dipastikan terjadi banyak interaksi dari audiens di media sosial tersebut, baik membalas komentar maupun membalas pesan.

Untuk menjadi seorang Admin Media Sosial juga tampaknya tidak memerlukan kualifikasi khusus, jika dilihat dari akun lowongan kerja seperti Glints hingga JobStreet, untuk menjadi Admin Media Sosial hanya membutuhkan pengalaman dalam bermain media sosial tertentu saja.

Pekerjaan Admin Media Sosial juga bisa dilakukan secara freelance, serta tidak mengharuskan pelakunya untuk datang ke kantor.

Itulah beberapa pekerjaan freelance yang paling dicari di 2022, bagaimana, tertarik mencobanya?